Bocoran Format Liga 2 2021, Ada Tuan Rumah dan Dibagi 4 Grup

By ommed


nusakini.com - Gonjang-ganjing kepastian Liga 2 2021-2022 menemui akhirnya setelah PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) memutuskan format yang akan dipakai oleh kompetisi kasta kedua tersebut.

PSSI dan PT LIB memutuskan Liga 2 2021/22 yang diikuti oleh 24 klub ini akan digelar dengan sistem bubble yang terbagi ke dalam empat grup.


Nantinya tiap grup akan berisikan enam klub dengan sistem home-away. Setiap klub akan bertanding sebanyak 10 laga di fase grup. Belum ditetapkan stadion mana yang akan menjadi venue pertandingan. Pasalnya hingga tulisan ini selesai dibuat, PT LIB masih melakukan bidding ulang pada klub-klub yang berminat menjadi tuan rumah di fase grup.

Adapun tuan rumah memiliki keuntungan bisa bermain di homebase mereka masing-masing. Namun, klub tuan rumah juga bertanggung jawab menanggung seluruh biaya penyelenggaraan pertandingan sesuai protokol kesehatan.


PT LIB menyatakan akan memberikan subsidi sebesar Rp400 juta pada klub tuan rumah selama fase grup Liga 2 2021/22 ini dilangsungkan. Selain itu, klub tuan rumah juga diwajibkan untuk menanggung biaya transportasi lokal klub peserta untuk aktivitas pertandingan.

Serta merekomendasikan tiga lapangan latihan dengan kondisi baik dan memberikan daftar 5 hotel yang representatif untuk para klub peserta. Keputusan yang diambil oleh PSSI dan PT LIB ini membuat Liga 2 2021/22 menjadi liga yang serasa turnamen. Belum diketahui kapan undian fase grup tersebut akan dilangsungkan.


Rencananya, sepak mula Liga 2 2021/22 akan dimulai pada akhir bulan September 2021 mendatang. Nantinya, dua tim yang berada di urutan buncit pada fase grup akan langsung terdegradasi ke Liga 3.

Akan ada 8 klub yang bakal terdegradasi ke Liga 3 di akhir musim nanti. Di sisi lain, 2 klub teratas di tiap grup akan terus melaju ke fase selanjutnya Liga 2 2021/2022. (is/om)